Sabtu, 16 September 2017

ANALISIS STP PT.YAKULT



ANALISIS STP PRODUK “YAKULT”


Assalamualaikum wr.wb...

Halo guys...ketemu lagi nih kita di blog ane yang kedua.hehe
Nah kali ini ane bakalan ngebahas tentang analisis STP dari PT. Yakult.
Apa sih itu STP?
Jadi gini,,,STP itu singkatan dari Segmentasi, Targeting, Positioning. Berikut penjelasannya STP dari PT. Yakult ,,, cekidott.....






          Sebelumnya agan-agan udah pasti pada tau dong produk yakult itu kaya gimana,yang rasanya agak asem-asem sepet gitu tapi enak lah.wkwk

Nah jadi Yakult itu adalah minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei Shirota strain yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup. Yakult terdiri dari 2 jenis yaitu yakult original dan yakult ace. Yakult original mengandung lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, sedangkan Yakult ace mengandung lebih dari 30 milyar Lactobacillus casei Shirota strain ditambah dengan kalsium dan vitamin.

PT Yakult hanya memiliki satu jenis produk aja nih gan. Selain itu juga, peralatan yang digunakan memiliki fungsi yang khusus dan pesanan serta panduan kerja sedikit karena semua sudah terstandarisasi.

Dalam pembuatan Yakult, bahan baku yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air. Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren, dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil.


A.  Segmentasi

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
          Marketing Segmentation membagi sebuah pasar menjadi potongan-potongan yang terdefinisi dengan baik. Sebuah segmen pasar terdiri dari sekumpulan pelanggan yang saling berbagi kebutuhan dan ketertarikan yang sama. Seorang pemasar bertugas untuk mengidentifikasi jumlah dan sifat yang tepat dari segmen pasar dan memutuskannya sebagai target.(Kotler & Keller, Marketing Management” 2012: 236)
Segmentasi ini memiliki manfaat yaitu penjual dan produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran, penjualan atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda. Segmentasi pasar dibagi menjadi 3 yaitu, segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis.
Yakult ini merupakan salah satu produk minuman yang memiliki segmentasi pasar yang sangat luas lho. Disini ane akan menjelaskan satu per satu segmentasi produk yakult tersebut.


1) Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis terbagi atas negara, wilayah, negara bagian, kota, kepadatan penduduk, iklim, dan keadaan topografis. Dimana yakult mendistribusikan produknya ke pedesaan, kota-kota, maupun wilayah yang padat penduduknya. Dizaman ini masyarakat sudah lebih modern dan lebih memperhatikan kesehatannya. Masyarakat pun sudah lebih tertarik ke ke pengobatan modern dan yang lebih simple dibanding dengan tradisional. Maka peluang untuk PT.Yakult  dalam penjualan produknya pun semakin besar dengan menargetkan dengan wilayah-wilayah yang padat penduduknya.


2) Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis adalah segmentasi yang menyangkut usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, ras, kewarganegaraan, pendidikan, dll.  Produk yakult ini baik dikonsumsi oleh semua kalangan yaitu anak-anak, remaja, ataupun orangtua segala umur, jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, dan wanita hamil.

Alasannya :

1) Mencegah gangguan pencernaan.
2) Meningkatkan daya tahan tubuh.
3) Mengurangi racun dalam usus.
4) Dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari, itu artinya sekurang-kurangnya 6,5 Milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup kedalam usus kita.)
5) Konsumen ingin mendapatkan kesehatan dari produk yakult tersebut.


 


         3) Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis menyangkut tentang gaya hidup (life style) maupun kepribadian konsumen itu sendiri. Produk yakult ini sendiri mengikuti gaya hidup masyarakat dengan pengelompokan pelanggan. Apakah modern, tradisional dengan melihat aktivitas, kesenangan, sosial dan lingkungan dimana pelanggan tersebut berada.
Konsumen yang memiliki kepribadian simple akan memilih produk ini karena produk yakult lebih efektif dikonsumsi karena kemasannya yang terbuat dari botol plastik yang ringan, aman, mudah di daur ulang dan mudah dikonsumsi dimanapun.

Alasannya :

1) Produk yakult dapat dibawa kemana saja karena kemasannya yang efektif.
2)Saat konsumen sedang melakukan berbagai aktivitas dapat kapan saja mengkonsumsi yakult.
3) Produk yakult dapat dibawa kemana saja karena kemasannya yang efektif. Konsumen lebih suka mengkonsumsi yakult karena harga relatif, kemasannya higienis dan mencukupi kebutuhan.



B.  Targeting

Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran.
Target pemasaran produk Yakult adalah untuk seluruh wilayah Indonesia dengan daerah distribusi tersebar di Pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, Sumatera, Batam, Bangka, Kalimantan dan Sulawesi. PT Yakult Indonesia Persada lebih memfokuskan pemasaran` dengan spesialisasi produk.
Memilih kelompok konsumen yang akan dilayani dalam penjualan sebagai sasaran dalam mengevaluasi daya tarik tiap segmen pasar.
1) Target secara geografis sebagai permulaan adalah masyarakat dipusat kota-kota besar dan sekitarnya. Target geografis selanjutnya ditinjau dari permintaan pasar dan tingkat penjualan.
2) Target secara demografis yaitu semua umur, semua etnis, semua penghasilan baik laki-laki maupun perempuan.
3) Berdasarkan produk yang berupa minuman susu fermentasi.
4) Produk yang akan dibeli pelanggan adalah minuman.
5) Target konsumen yang memperhatikan kesehatannya


Positioning

Positioning merupakan cara pemasar menanamkan citra, persepsi dan imajinasi atas produk yang ditawarkan kepada konsumen melalui proses komunikasi. Positioning tidak sama dengan segmentasi baik difersinasi ataupun konsentrasi. Dengan perkataan lain, positionning bukan menempatkan produk untuk kelompok tertentu tetapi berusaha menanamkan citra produk di benak konsumen pada segmen yang telah dipilih. Positioning berhubungan bagaimana memainkan komunikasi agar dalam benak konsumen trtanam suatu citra tertentu.
Positioning merupakan sebuah aksi dari merancang penawaran dan gambaran perusahaan untuk menempati tempat khusus pada benak pasar yang dituju. .(Kotler & Keller, Marketing Management” 2012: 298)
PT Yakult Indonesia Persada sebagai market leader, hal ini dapat dilihat dari penguasaan pasar Yakult yang sampai saat ini lebih dari 50% dibandingkan minuman probiotik yang lain. Dengan slogan minuman susu fermentasi “pelopor probiotik” yang bermanfaat bagi kesehatan system pencernaan berhasil secara konsisten menjaga penguasaan pasar dari tahun ketahun.



 

 
Positioning mereka adalah penyedia tempat-tempat untuk pembelian yakult yang biasa didapat dmana saja baik ketika berada di mall, kantor, sekolah ataupun di swalayan serta toko-toko dipinggir jalan. Tampaknya positioning ini cukup efektif di komunikasikan sebagai keunggulan yakult .selain itu yakult juga menyediakan Sistem Yakult Lady, melalui sistem ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang. Jadi agan tidak perlu repot-repot keluar rumah karna yakult ladylah yang akan mendatangi agan sekalian.hehe
Selain itu PT.Yakult juga mempunyai tagline yang berbunyi “ Cintai ususmu, minum yakult setiap hari” dimana dengan tagline seperti itu membuat mindset pada konsumen, dan melekat dihati konsumen bahwa jika ingin usus sehat yaitu dengan mengkonsumsi yakult tiap hari.



Nah cukup sekian nih gan artikel dari ane.
Semoga bermanfaat ya buat semuanya 😃😃😃

           


.


Kotler,Keller,2012. Marketing Management, 14th, Person Education.
https://faizfzz.wordpress.com/2015/03/28/segmentation-targeting-positioning-dan-perilaku-konsumen/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar